Responsive image

For Info & Inquiries
+6285954487807

Responsive image

Rahasia Bentuk Oval pada Jendela Pesawat

Di publikasikan oleh Admin Pada Tanggal 19 Juli 2019
Responsive image

Bagi sebagian orang, Window Seat adalah prioritas utama. Selain lebih nyaman karena tidak terganggu dengan lalu-lalang orang banyak, juga dapat menikmati pemandangan dari ketinggian melalui jendela pesawat.  Satu hal yang jarang diperhatikan, bahwa semua kaca jendela di kabin pesawat pasti memiliki sudut yang melengkung, atau berbentuk bulat dan oval. Rupanya ada alasan ilmiah di balik bulatnya kaca jendela pesawat.
 
Dilansir dari laman Curiosity, pada awalnya kaca jendela pesawat berbentuk persegi. Pada dekade 1950an, tiga pesawat terbang komersial mengalami kecelakaan dan badan pesawat robek. Diketahui penyebabnya yakni jendela di ketiga pesawat ini berbentuk persegi. Merancang pesawat terbang memang butuh perhitungan yang benar-benar cermat. Kabin harus disesuaikan dengan tekanan tertentu agar para penumpang bisa bernapas dengan cukup lega. Selain itu, badan pesawat harus berbentuk silinder untuk menahan tekanan di dalam kabin pesawat yang semakin meningkat. Saat berada di ketinggian, tekanan atmosfer dan kabin akan semakin besar.
 
Masalah ini yang kemudian menyebabkan kabin menjadi lebih melar dan material pembangunnya harus tahan terhadap tekanan yang kuat. Di ujung sudut runcing kaca jendela yang berbentuk persegi, tekanan akan menjadi lebih kuat dan bisa merobekkan kabin pesawat. Para ahli kemudian merancang bentuk kaca jendela menjadi oval atau bulat dengan sudut yang tidak tajam. Bentuk ini memungkinkan material pembangun pesawat menjadi lebih tahan terhadap tekanan.
 
Selain itu, bila diperhatikan bahwa kaca jendela terkadang tidak segaris dengan deretan kursi di pesawat. Hal ini bukanlah sebuah kesalahan pada perancangan struktur pesawat, melainkan untuk menambah kapasitas penumpang di dalamnya. Pada pesawat yang berkapasitas sedikit, menyejajarkan kursi dengan jendela sangat mungkin dilakukan. Tapi untuk pesawat komersil dengan kapasitas penumpang banyak, hal ini akan sulit dilakukan.
 
Sumber : grid.id

Share On:

Daftar Newsletter

Jadilah orang pertama yang mendapatkan informasi diskon dan penawaran menarik