Responsive image

For Info & Inquiries
+6285954487807

Responsive image

Makam Imam Bukhari Wisata Religi di Uzbekistan

Di publikasikan oleh Admin Pada Tanggal 10 Agustus 2019
Responsive image

Jika Anda berwisata ke Uzbekistan, Makam Imam Bukhari menjadi salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi. Imam Bukhari merupakan sosok penting bagi umat Islam di dunia. Ia adalah salah satu perawi hadits paling termasyhur selain Imam Muslim, Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah maupun An Nasa'i. Terletak di Desa Hartang, Samarkand, Makam Imam Bukhari dapat dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 4 jam dari Ibukota Uzbekistan, Tashkent. Dibalik megahnya bangunan makam ini, siapa sangka jika sejarah penemuan makam Imam Bukhari tak terlepas dari jasa presiden Soekarno.
 
Kisah ini berawal saat penguasa tertinggi Uni Soviet, Nikita Khrushchev mengundang Bung Karno untuk mengunjungi Moskow pada tahun 1961. Tentunya undangan tersebut tidak terlepas dari motif politik yang cukup kental kala itu. Undangan dari Nikita Khrushchev tersebut dinilai sebagai langkah politis Uni Soviet untuk menujukkan kepada dunia khususnya Blok Barat bahwa Indonesia berada di belakang Uni Soviet. Tidak mau terjebak dan terkesan mendukung salah satu blok, Bung Karno mengajukan permintaan untuk dapat mengunjungi makam Imam Bukhari di Uzbekistan. Sehingga kunjungan Bung Karno adalah semata-mata untuk berziarah ke makam Imam Bukhari. 
 
Bagi Uni Soviet yang saat itu beraliran komunis, tentu tidak mudah untuk menemukan makam Imam Bukhari yang telah lama terlupakan. Berbagai upaya dilakukan oleh pihak Uni Soviet untuk menemukan makam perawi hadist tersebut dengan mengumpulkan informasi dari orang-orang tua Muslim di sekitar Samarkand. Saat ditemukan, kondisi makam Imam Bukhari dalam keadaan yang terbengkalai dan tak terawat. Namun demi kunjungan Bung Karno, akhirnya Pemimpin Uni Soviet mengintruksikan agar makam tersebut direstorasi dan dipercantik. Setelah semua persiapan itu beres, Khrushchev lalu menghubungi Bung Karno. Bung Karno akhirnya memenuhi janjinya mengunjungi Moskow dan menyempatkan diri berkunjung ke Samarkand pada 12 Juni 1961.
 
Salika Travel menawarkan Paket Tour Group Series 6H5M Amazing Uzbekistan dengan keberangkatan tanggal 23 Agustus 2019 dari Jakarta. Untuk detil paketnya silahkan klik 6H5M Amazing Uzbekistan
Untuk pilihan paket tour kami lainnya silahkan klik Salika Travel Tour Package

Share On:

Daftar Newsletter

Jadilah orang pertama yang mendapatkan informasi diskon dan penawaran menarik