Responsive image

For Info & Inquiries
+6285954487807

Responsive image

Hagia Sophia Bangunan Bersejarah di Turki

Di publikasikan oleh Admin Pada Tanggal 19 Oktober 2019
Responsive image

Sebagai salah satu destinasi wisata di dunia, Turki menawarkan berbagai objek wisata yang menarik. Ada Canakkale dengan Patung Kuda Troya-nya. Lalu pesona balon udara di Cappadocia, hingga bangunan bersejarah nan eksotis di Istanbul. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah Hagia Sophia. Hagia Sophia merupakan salah satu landmark kota Istanbul dan merupakan bangunan bersejarah di Turki yang berusia ribuan tahun. Sejarah bangunan ini sangat menarik. Bangunan ini awalnya dibangun sebagai gereja, lalu beralih fungsi sebagai masjid dan hingga saat ini menjadi Museum.
 
Meski tampak luar bangunan Hagia Sophia terlihat seperti masjid, tetapi bangunan ini pertama kali justru difungsikan sebagai bangunan katedral Ortodoks. Namun, hal itu tak bertahan lama, karena ketika tahun 1204 sampai 1261, Hagia Sophia beralih fungsi. Saat itu Pasukan Salib Keempat yang menguasainya, mengubah Hagia Sophia menjadi bangunan yang dimanfaatkan menjadi Katedral Katolik Roma di bawah kekuasaan Kekaisaran Latin Konstantinopel. Hingga pada akhirnya sekitar tahun 1453 sampai 1931 pada masa kekuasaan Kesultanan Utsmani, Hagia Sophia kembali beralih fungsi untuk kali ketiga menjadi bangunan Masjid. Barulah sekitar tahun 1935, bangunan ini mulai disekulerkan dan dibuka untuk umum sebagai museum oleh Republik Turki.
 
Museum Hagia Sophia sangat unik karena memadukan unsur Kristen, Katolik, dewa Yunani, dan Islam dalam desain bangunannya. Jejak Hagia Sophia sebagai Gereja dapat dilihat dari lukisan mosaik yang berada di beberapa bagian gedung. Kebanyakan di bagian atap. Lukisan ini berfokus pada Bunda Maria dan Yesus. Saat menjadi masjid pada 1453, lukisan-lukisan tersebut ditutup dengan plester dan lukisan dekorasi. Baru pada 1935 dilakukan restorasi lukisan mosaik dengan membuka plester penutup. Proses ini dapat dilihat di dokumentasi yang dipajang pada dinding Museum Hagia Sophia.
 
Untuk waktu terbaik mengunjungi Hagia Sophia pada sekitar bulan November hingga April, dimana cuaca dingin terasa di kota Istanbul. Sehingga saat menjelajahi luasnya bangunan Hagia Sophia, cuaca dingin tak akan membuat gerah. Jika Anda tak mau repot, Salika Travel menyediakan paket tour dengan kunjungan ke Hagia SophiaSalika Travel menawarkan Paket Tour Group Series 10H Turkey Holiday dengan keberangkatan min. 20 orang. Untuk detil paketnya silahkan klik 10H Turkey Holiday.
 
Untuk pilihan paket tour Turkey kami lainnya silahkan klik Turkey Tour Package.

Share On:

Daftar Newsletter

Jadilah orang pertama yang mendapatkan informasi diskon dan penawaran menarik